Cara Upload Komik di Webtoon

Selamat pagi, artikel kali ini membahas cara upload komik di webtoon, cara memasukan komik di webtoon, cara upload komik di line, cara memasukan komik di line. Nah sebenarnya dari judul yang ada masih banyak yang belum terlalu memahami line dan webtoon. Line merupakan sebuah layanan yang memberikan kemudahan untuk pengguna nya berkomunikasi melalui internet, tanpa memotong pulsa, sedangkan webtoon merupakan layanan tambahan dari line yang ditujukan bagi pengguna yang ingin membaca komik buatan anak lokal atau pun luar, dan selain membaca, kita juga dapat memasukkan karya kita ke webtoon.
Webtoon berasal dari korea selatan, yang memberikan reward yang sesuai bagi komikus yang memiliki karya menarik dan diminati pengunjung.
Dan berikut ini merupakan langkah-langkah yang dilakukan untuk upload komik di webtoon atau memasukan komik di webtone line:
a. Kunjungi link: www.webtoons.com (harus melalui pc)
b. Masukan email dan password yang telah kamu daftar kan pada line milik kamu.
c. Setelah login berhasil, kamu akan mendapatkan pesan dari line atas terdaftarnya kamu di webtoon.
d. Kamu dapat mengedit profil dengan klik nama kamu yang terdapat di sebelah kanan atas, dan silahkan disesuaikan dengan kebutuhan.
e. Selanjutnya kamu dapat klik "terbitkan" yang terdapat disebelah nama kamu.
f. Sesuaikan genre komik yang akan kamu upload di webtoon, dan harus memiliki ukuran gambar dari cover komik kamu adalah 436px x 436px, isi lah data-dat lainnya dengan tepat dan benar sesuai komik kamu.
g. Kemudian kita akan mulai memasukan komik di webtoon dengan membagi nya sesuai dengan episode, dan gambar dari isi komik berukuran 700px x 1000px.
h. Dan setelah semuanya selesai kamu upload dan data-data telah terisi dengan benar. Maka kamu telah dapat memasukan komik di webtoon dengan klik "terbitkan". Dan komik kamu telah dapat dinikmati oleh banyak orang diseluruh dunia.

Nah, untuk memudahkan kalian dalam  memahami cara mengupload komik di webtoon, saya sediakan sebuah video yang dapat kalian lihat, dan semoga dengan video ini, kalian dapat mengupload komik di webtoon dengan mudah:


Keuntungan dari membuat komik di webtoons dapat dilihat pada link berikut ini:


Nah, berikut ini langkah yang dapat dilakukan oleh mangaka muda dalam membuat sebuah karya dengan memanfaatkan adobe flash professional CS6, sehingga hasilnya dapat di upload pada webtoons dan menangkan hadiah jutaan rupiah yang diberikan.




Sekian dari artikel cara upload komik di webtoon atau cara memasukan komik di webtoon. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.


Mari Belajar Teknologi Informasi

50 Responses to "Cara Upload Komik di Webtoon"

  1. Replies
    1. Kalo gambar bergerak di webtoon itu gimana caranya gan?

      Delete
  2. Gimana cara buat gambarnya jadi 436p × 436p ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau mengubah gambarnya menjadi 436p x 436p, dapat menggunakan photoshop, paint, dan banyak lg software lain . .
      Selamat mencoba

      Delete
  3. Replies
    1. Sejauh ini yang sy tau, untuk mengupload komik kita di webtoon, masih harus melalui personal computer atau laptop.
      Karena pada dasarnya website yang di akses sudah berbeda, yang melalui pc atau laptop dengan link www.webtoons.com, sedangkan pada smartphone android atau mobile, dia akan diakses melalui m.webtoons.com

      Salam kenal hehee

      Delete
    2. Bisa kak .. Browsernya pake aplikasi puffin aja.

      Delete
    3. Kak boleh tanya gk gimana cara upload nya kalo di puffin..?

      Delete
  4. kak numpang tanya ni itu gambar diatas gambar ny dari kertas dlu? trus di scan? atau langsung dari software?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di saya sendiri, masih menggunakan adobe flash sebagai media menggambarnya dan tanpa membuat gambar pada kertas terlebih dahulu,,,
      Akan tetapi untuk lebih memudahkan, sediakan smartphone yg memiliki pen stylus, lalu buatlah gambar dengan menggunakan software seperti sketchbook dan hasilnya dapat diupload pada webtoons

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Gan cara memasukkan file tersebut gimana

    Contoh file komik saya 15 lembar lalu di uplod menurut apa dan apa nantinya tidak teracak saat smua sudah berasil diuplod

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai dengan urutan mengupload,, jadi pilih gambar yang akan di upload sesuai dengan urutannya

      Delete
  6. Replies
    1. lihat video gan, sudah disediakan di artikel ini, dan sebenarnya artikel ini sudah dapat digunakan untuk cara upload komik di webtoon

      Delete
  7. menurut gw bagusan pake corel kayaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tergantung pembuatnya hheehee . .
      :D kalau sy sendri lebih suka pakai adobe flash

      Delete
    2. software apa aja bisa, tergantung lebih cocok mana yang kita pakai

      Delete
  8. Ka.... Kalau saya masuk line bukan pakai e mail tapi pakai nomor telepon... Bagaimana ya kak ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usahakan pakai email saja, krna bakal ada info2 dari webtoon yg bakal dikirm k email kita

      Delete
  9. Ah!! Saya mau tanya~ kalau saya gambar pake drawing pad(drawingtablet) (HUION H610-Pro) kan file gambarnya udah ada tuh, berarti tinggal di edit sesuai ukuran dan tinggal upload lewat komputer gitu?? ��❔❔

    ReplyDelete
  10. kalo saya gambar dari skecthbook masih harus di ubah gk ukurannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang mengetahui ukuran dari sketchbook yg agan maksud,, yang penting sesuaikn saja ukurannya seperti yg dituliskan di atas

      Delete
  11. Gak Harus Pc jg , Android Juga bisa :V

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sewaktu artikel ini ditulis, cara upload komik di webtoon hanya dapat dilakukan melalui versi web yang dijalankan pada pc atau pun laptop

      Delete
  12. Pas mau upload ada notice ukuran kertasnya harus lebar maks 800px,tingginya 1280 px,berarti ngupload ukuran kertasnya 700px X 500px,bisa dong?

    ReplyDelete
  13. Kalo saya liat liat komik di webtoon,kok satu panel bisa panjang banget,kayaknya tingginya lebih dari 1280px

    ReplyDelete
  14. Ka... Kalo mau bikin komik gitu kan pernah lihat di film gitu kan pake tab yang ada pensilnya gitu. Kalo gambarnya pake mouse gitu berdampak nggak sih? Hehe pertanyaannya nggak mutu. Cuman kan kalo budget terbatas beli tap sama alat gambarnya gitu kan juga agak sayang gitu kan? Gimana nih? πŸ˜…πŸ˜…

    ReplyDelete
  15. Kakak sendiri gambarnya pake yang pencil gitu atau juga pake mouse?

    ReplyDelete
  16. Kak.. Pas aku log in kok gk bisa ya? Trus dari line di hp ada tulisannya gini "ada akun lain yang mencoba untuk log in" gtu '-'

    ReplyDelete
  17. Kak kalo saya gk punya line gimana

    ReplyDelete
  18. bagaimana caranya kalau gambarnya pas udah upload, hasil gambar tdk pecah. sy punya satu halaman yg gambarnya pecah

    ReplyDelete
  19. Kk, klo 1 episode nya biasa nya hrs bkin brp lembar? Standar nya menurut kk jngn terlalu pendek ato pnjang bgt lah 1 eps nya...

    ReplyDelete
  20. Ka, gmn cranya bkin gmbar webtoon yg ada suaranya n bisa bergerak

    ReplyDelete
  21. min, klo mau buat GIF dan ada suaranya gimana ya? tolong dishare juga dong

    ReplyDelete
  22. Gini qq ..ane masih gk rela winter woods tamat .rai mau mati T_T.prince of prince blom up,jadi ane mau buat webtoon ...tapi pentab yg ada pasti harga 500 rebu ke atas :v.apa kita harus buang duit dulu?ato ada rental/bekas gt kk?yg lebih mudah dijangkau bagi anak sma -w-)/

    ReplyDelete
  23. Itu satu episode cuma bisa 20mb?

    ReplyDelete
  24. Gan, cara upload .GIF atau yang ada suaranya gimana yah?

    ReplyDelete
  25. Oh iya sekalian dong Mampir di komik ane ya gan "Serial Rajawali Merah" hehehe minta kritik dan saran hehe πŸ˜…

    ReplyDelete
  26. Maaf kak mau nanya... ukuran kotak panel yg pas p x l itu bapa y?.... dan jarak antar panel bapa?

    ReplyDelete
  27. Kak kok email saya waktu di verifikasi gak bisa sih??

    ReplyDelete
  28. Kalau mau nerbitin komik emg harus jam 10 ya?

    ReplyDelete