Manfaat Bermain Game

Berikut ini adalah beberapa manfaat bermain game (Setiawan, 2014 : 2-3) :
1)  Sebagai sarana pendidikan. Game sebenarnya dapat membantu dalam proses pembelajaran pada anak-anak. Anak-anak cenderung menyukai media pembelajaran yang berbau visual.


2)       Sebagai fisioterapi. Game juga tidak hanya berupa tampilan visual yang mengharuskan pemainnya duduk di depan layar, namun juga ada yang membutuhkan keaktifan pemainnya misalnya dengan menari, atau bermain gitar
3)        Kebugaran dan gizi. Banyak ahli kesehatan atau kebugaran tubuh menggunakan media game sebagai sebuah proses menuju sehat.
4)         Respon yang lebih cepat. Mekanisme tubuh para pemain game menjadi semakin cepat dari sebelumnya setelah bermain game.
5)         Meningkatkan IQ. Anak-anak yang bermain game, tingkat kecerdasannya cenderung akan berbeda dengan anak non-gamer. Mereka mampu melihat suatu kejadian dengan detail karena mampu mengatur memori dengan baik.
6)         Keterampilan sosial. Menjadi seorang gamer bukan berarti tidak punya teman atau tingkat individualitas meningkat. Bagi anak yang kurang percaya diri, game menjadi salah satu alternatif untuk bersosialisasi membuka diri dengan orang banyak.

7)         Koordinasi mata dan tangan. Latihan Koordinasi mata dan tangan sangat dibutuhkan pada usia anak. Latihan ini dapat meningkatkan ketangkasan dan melatih perhatian pada beberapa objek secara bersamaan. 
Mari Belajar Teknologi Informasi

0 Response to "Manfaat Bermain Game"

Post a Comment